Website Informasi dan Order British Propolis, Melayani Eceran dan Keagenan Resmi, Hubungi Customer Careline 0822 2077 7373

Propolis Apa Itu Sih, Propolis British

Tidak ada komentar
Propolis Apa itu Sih, Propolis British

Banyak orang belum tahu Apa itu propolis atau apa sih propolis itu ? Maka sebelum kami jawab pertanyaan Apa Sih Propolis itu ? kami akan bertanya dulu kepada Anda. Apakah Anda tau lebah atau tawon ? atau bee ? Kalau Anda tahu, maka akan saya teruskan penjelasan mengenai apa itu propolis, namun jika Anda belum tau apa itu lebah, silakan cari tau dulu apa itu lebah, baru setelah itu kembalilah kemari untuk baca artikel tentang propolis ini.

Baik, saya lanjutkan ya... Apa itu propolis ?
Propolis adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan malam lebah. Warna propolis tergantung sumber tumbuhannya, namun yang paling banyak adalah coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau diatasnya (20 derajat Celcius). Sementara jika suhu rendah propolis akan menjadi keras dan rapuh. (https://id.wikipedia.org/wiki/Propolis)
Setiap unsur dimuka bumi memiliki struktur atau komposisi kimiawi, demikian halnya dengan propolis. Propolis memiliki komposisi kimiawi yang sangat bervariasi tergantung darimana bahannya dikumpulkan oleh lebah. Dalam sebuah penelitian dari lebah yang mengumpulkan madu dari poplar (Populus spp., section Aigeiros), diambil kesimpulan kemiripan bahan ini, yaitu pinocembrin, pinobanksin and its 3-O acetate, chrysin, galangin, prenyl esters of caffeic and ferulic acids, dan lain-lain. Namun tumbuhan yang berbeda akan menghasilkan komposisi yang berbeda pula.

Propolis Apa Itu Sih, Propolis British

Lalu, apakah manfaat propolis bagi lebah itu sendiri ?
Selama bertahun-tahun lamanya, peternak lebah berasumsi bahwa lebah menggunakan propolis untuk melindungi koloni dari gangguan kecil seperti hujan atau serangan udara dingin. Namun, sejak abad ke-20 telah diteliti bahwa lebah bukan hanya bertahan, bahkan malah semakin berkembang dengan adanya ventilasi selama musim dingin.

Karena itu kini diyakini, bahwa manfaat propolis bagi lebah lebih kepada:
  • Memperkuat stabilitas struktur sarang,
  • Mengurangi getaran didalam sarang,  
  • Memperkuat pertahanan sarang dengan menutup jalur alternatif,
  • Mencegah penyakit dan parasit memasuki sarang, serta menghalangi pertumbuhan bakteri,
  • Mengisolasi binatang yang terlanjur masuk ke sarang lebah dan mati didalam sarang sehingga menjadi mumi yang tidak terlalu berbau dan berbahaya.
Jika melihat manfaat propolis untuk lebah saja sebesar itu, lalu bagaimanakah manfaat propolis untuk manusia untuk kesehatan manusia ?
Simak artikel kami berikutnya:
Manfaat Propolis untuk Kesehatan Manusia

Terimakasih Anda sudah membaca artikel berjudul:

Tidak ada komentar :